Kamis, 01 September 2016

PERKEMBANGAN & KEUNGGULAN JURUSAN PETERNAKAN

Perkembangan Jurusan Peternakan UMM

Jurusan Peternakan, dengan program studi Produksi Ternak, berdiri pada tahun 1987, di bawah naungan Fakultas Peternakan UMM, berdasarkan SK Koordinator KOPERTIS Wilayah VII, Nomor : 173 / Q 1987, tanggal 22 Desember 1987. STATUS DISAMAKAN untuk Jurusan Produksi Ternak didapatkan dengan SK Mendikbud No. 149/DIKTI/Kep/1995 tertanggal 5 Juni 1995. /XII/1998). Pada tahun 2002, Program Studi Produksi Ternak TERAKREDITASI “A” berdasarkan SK No : 05030 / Ak – V- S1– 009/UMM CYT/V/2002, tanggal 20 Mei 2002. Akreditasi A diraih kembali pada tahun 2007, berdasarkan keputusan BAN-PT No. 015/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2007. Berdasarkan
keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 163/DIKTI/KEP/2007, maka program studi Produksi Ternak dirubah menjadi program studi Peternakan. Sejak tahun 2009, jurusan Peternakan ada di bawah Fakultas Pertanian-Peternakan. Pada tanggal 8 Juni2012 memperoleh akreditasi dengan nilai A berdasarkan SK BAN-PT Nomor 013/BAN-PT/Ak-XV/SI/VI/2012.
STATUS TERAKREDITASI untuk Jurusan Produksi Ternak didapatkan tahun 1998. (Terakreditasi Nomer: 02023/AK-II/UMMCYT

  • Keunggulan Jurusan Peternakan

Jurusan Peternakan terbukti menjadi yang sangat kompetitif di dunia kerja sebagai manajer, eksekutif, birokrat (penentu kebijakan), konsultan bisnis, trader (ekspor/impor ternak) dan profesional lainnya, di bidang peternakan baik pemerintah maupun swasta (perusahaan multinasional bidang perbibitan, pembesaran (penggemukan), industri pakan, pengolahan hasil ternak (daging, telur susu dan kulit) maupun bidang lain yang terkait (perbankan, retail dan LSM). Kelebihan Sarjana Peternakan juga mampu membuka usaha mandiri (wirausaha) dengan modal mikro, kecil, menengah dan besar.
Potensi sumberdaya alam yang begitu melimpah, tetapi sayangnya tingkat kesejahteraan dan perkembangan di negara ini masih tergolong rendah. Sebagai bangsa Indonesia kita sebaiknya bangga dengan apa yang kita punya dan menysukurinya serta memanfaatkanya dengan semaksimal mungkin demi kesejahteraan dan kemajuan bangsa.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup manusia seperti sandang, pangan, dan papan. Indonesia telah mampu melakukan peningkatan sarana-sarana yang ada. Dengan program-program pemerintah yang telah dilaksanakan dari tahun ketahun terlihat pergerakan kearah lebih baik. Namun pergerakan ini masih terbilang cukup lambat dibanding dengan peningkatan jumlah penduduk yang ada. Jika kita melihat sejarah Indonesia yang pernah menjadi lumbung padi asia. Kita seharusnya menyadari bahwa Indonesia ini dapat menjadi Negara yang kaya dan menjadi Negara pengekeksor beras terbesar. Namun yang terjadi kini Indonesia justru melakukan impor dari Negara –negara lain.
Indonesia dengan jumlah penduduk yang sangat banyak ini seharusnya dapat menjadi potensi dalam perkembangan sumberdaya manusia yang ada. Namun ternyata dalam memenuhi kebutuhan pangan saja Indonesia masih mengandalkan Negara lain. Melihat keadaan ini banyak sekali kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan taraf hidup di Indonesia.
Keadaan pangan termasuk juga dengan peningkatan sumberdaya dalam  industri peternakan di Indonesia. Dengan meningkatnya pemenuhan kebutuhan nutrisi masryakat Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan menjadi Negara yang lebih baik. Keadaan ekonomi yang ada sekarang ini menuntut masyarakat Indonesia agar mampu bersaing dengan dunia internasional. Hampir semua sector termasuk juga sektor peternakan. Oleh karena itu kesempatan yang masih terbuka lebar ini dapat kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Pengolahan peternakan di indoensia masih terbilang tradisional karena kuranganya tenaga ahli dan kompeten dibidang ini. Produksi yang kurang dibanding dengan peningkatan permintaan akan menjadi tantangan bagi calon tenaga ahli dibidang peternakan.Melihat pentingnya dunia peternakan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan pangan diharapakan lulusan dari jurusan peternakan adalah orang orang yang mampu melakukan perubahan dan perbaikan dalam sektor ini. Oleh karena itulah dunia peternakan menjadi begitu penting untuk dipelajari. Kita jangan berpikir terjun kedunia peternakan adalah memelihara satu atu dua ekor saja. Ini tentang sebuah perubahan menuju kebaikan bangsa. Kita butuh orang-orang yang perduli terhadap kesejahteraan bangsa dan orang-orang yang berkompeten dibidang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar